Pernah terbayang ga sih kalo seandainya dunia paralel itu ada? Bentuknya sama, arah rotasi dan revolusinya sama, isinya sama, cuma peran dan nasib penghuni nya yang beda…
Aku selalu mikir, kalo dunia paralel itu ada, aku yang disana sekarang lagi apa ya? Nasibnya lebih baik apa lebih buruk? Have I finally find true love? *eaa haha

Dari teori-teori time paradox yang pernah aku baca, ada grandfather paradox, time travel paradox dan many world theories. Dan semuanya sangat menarik untuk dipelajari. Tp yang paling membuat aku pribadi agak kesulitan memahami adalah grandfather paradox.

Jadi menurut wikipedia, grandfather paradox ini adalah teori yang pertama kali dipakai di science fiction film. Teori ini mengandaikan A adalah seorang yang berkemampuan untuk melintas antar waktu, lalu A kembali ke masa lalu dimana kakeknya belom menikah dengan si nenek. Lalu di masa lalu ini si A membunuh kakeknya, maka secara tidak langsung A tidak akan pernah lahir karena si kakek tidak akan menikahi si nenek, orang tuanya tidak akan lahir, dan pastinya A juga tidak akan lahir.

Tetapi teori ga selesai sampai disitu. Karena setelah A membunuh kakeknya, dia tidak lahir, maka kakeknya tidak akan terbunuh (ingat si A yang membunuh kakeknya sendiri), karena kakeknya tidak terbunuh, maka A akan lahir. Dan karena A lahir, A akan ke masa lalu untuk membunuh kakeknya lagi, siklus ini terus berulang.

Sebenernya beberapa pertanyaan yang bisa diambil dari teori ini, seperti:
1. Kenapa harus kakek? Kenapa ga orang tua nya A saja yang dibunuh? Jadi teori berganti menjadi Parents Paradox.
Mungkin ini berhubungan dengan film science fiction nya kali ya. Mungkin di film tersebut tokoh utamanya membunuh si kakek, bukan orang tua nya.

2. Dari teori yang dijelaskan berarti setidaknya ada dua dunia berjalan paralel dong? Satu adalah ketika kakeknya A hidup dan akhirnya beranak cucu, dan satunya lagi adalah ketika kakeknya A mati dan tidak ada A disana. Cuma dunia itu dihubungkan oleh suatu jalur yang memungkinkan A untuk melintas antar waktu?

Dan seterusnya…

Tema time travelling juga diangkat oleh film yang bakal tayang nanti, X-men: Days of Future Past. Kalo dari trailernya sih ceritanya berkisar tentang personil X-men yang ke masa lalu buat mengubah masa depan. Sounds cool, right. Tapi disini kan ceritanya manusia-manusia ini memang punya kekuatan super. Nah yang jadi pertanyaan, bisa gak sih manusia biasa time travelling?

Yesterday is history
Tomorrow is mystery
But today is a gift, that’s why it is called the present – Master Oogway

Advertisements